Senin, 17 Desember 2012

OBJEK EVALUASI DAN JENIS-JENIS EVALUASI PENDIDIKAN



OBJEK EVALUASI DAN JENIS-JENIS EVALUASI PENDIDIKAN
(CIP Model, UCA Model, Brienherhoff Model)

A.   Objek evaluasi
Berdasarkan objek, evaluasi di bagi dalam beberapa jenis yaitu :
1.    Evaluasi input
Evaluasi input yaitu evaluasi terhadap siswa mencakup kepribadian, sikap, da keyakinan.  Tujuan utama input adalah untuk meentukan bagaimana memanfaatkan input dalam mencapai tujuan program. Contoh :  program pemanduan anak bakat. Tujuan adalah, untuk mengembangkan kemampuan anak berbakat dalam bidang musik. Maka dalam program itu dinilai input yang bagaimanakah dapat menunjang pencapaian tujuan tersebut. Antara lain :
a.    Program pembinaan
b.    Biaya
c.    Hamabatan-hambatan
d.    Strategi yang mungkin dipilih
e.    Fasilitas belajar
f.     Lingkungan
g.    Sarana prasarana
h.    Bagaimana kualitas anak berbakat
i.      Kualitas staf yang mampu mendukung kegiatan belajar
2.    Evaluasi transfrmasi
Evaluasi terhadap [unsur-unsur transformasi proses pembelajaran antara lain materi, media, metode-metode dan lain-lain.
3.    Evaluasi output
Evaluasi terhadap lulusan yang mengacu pada ketercapaian hasil pembelajaran.


B.   Objek evaluasi pendidikan
Sasara pokok dalam setiap kegiatan evaluasi dalam pendidikan adalah anak didik. Yang harus diprhatikan dalam perkembangan anak didik setelah mengalami pendididkan dan pengajaran selama jangka waktu tertentu adalah :
1.    Bagaimana pengembangan pengetahuannya
2.    Bagaimana perkembangan sikapnya
3.    Bagaimana keterampilan dan kecekatannya
4.    Bagaimana kecerdasan cara berfikirnya
5.    Bagaimana perkembangan jasmani dan kesehatannya

C.   Jenis-jeni sevaluasi pendididkan
1.    Jenis evaluasi berdasarkan sasaran
a.    Evaluasi konteks
Evaluasi yang ditujukan untuk mengukur program baik mengenai rasional tujuan latar belakang program, maupun kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan.
b.    Evaluasi input
Evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumberdaya maupun strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.
c.    Evaluasi proses
Evaluasi yang ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan baik mengenai kelancaran proses, kesesuaian dengan rencana, factor pendukung dan factor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan dan sejenisnya.
d.    Evaluasi hasil atau produk
Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang di capai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, di perbaii, di modifikasi, ditingkatkan, atau dihentikan.
e.    Evaluasi outcome atau lulusan
Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun kemasyarakat.
2.    Jenis evaluasi berdasarkan lingkup kegiatan pembelajaran
a.    Evaluasi program pembelajaran
Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembeljaran, isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar,aspek-aspek program pembelajaran yang lain.
b.    Evaluasi proses pembelajaran
Evaluasi yang mencakup kesesuaian antara proses pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelajaran yang ditetapkan, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikutin pembelajaran.
c.    Evaluasi hasil pembelajaran
Evaluasi hasil belajar mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

D.   Model evaluasi pendidikan
Dalam melakukan evaluasi, perlu dipertimbangkan model evaluasi yang akan dibuat. Model evaluasi merupakan suatu desain yang dibuat oleh para ahli atau pakarevaluasi.Biasanya model evaluasi ini dibuat berdasarkan kepentingan seseorang, lembaga atau instansi yang ingin mengetahui apakah program yang telah dilaksanakan dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Berdasarkan hal tersebut, dibawah ini dijelaskan lima model evaluasi yang biasanya sering digunakan, yaitu :
1.    Model Evaluasi CIPP
2.    Model Evaluasi UCLA
3.    Model Evaluasi Brinkerhoff
4.    Model Evaluasi Stake atau model Countenance
5.    Model EvaluasiMetfesseldan Michael

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar